Minggu, 02 Juni 2013

Harga Yamaha 'V-Ixion' Fairing di Bawah Honda CBR150R?


Harga Yamaha 'V-Ixion' Fairing di Bawah Honda CBR150R?
Ilustrasi: Yamaha YZF-R15
Selasa, 14 Mei 2013 08:45

Otosia.com - Gebrakan Yamaha Indonesia dalam melengkapi line-up produk motor sportnya semakin tidak terbendung lagi. Jauh sebelum beredar pemberitaan tentang proyek motor sport berfairing 250cc, Yamaha secara nyata telah menyinggung keberadaan motor sport V-Ixion ala fairing.
New Yamaha V-Ixion Fairing Concept
Sukses dengan penjualan naked sport bike - V-Ixion hingga generasi selanjutnya yakni New Yamaha V-Ixion, membuat banyak kalangan baik konsumennya menantikan V-Ixion 'berbaju'. Mengingat varian serupa dengan kubikasi serupa V-Ixion di India yang dikenal dengan Yamaha YZF-R15 (berfairing) sudah lebih dahulu melibas aspal negara industri ini.
Yamaha YZF-R15 2013
Kemunculan, New Yamaha V-Ixion sendiri merupakan strategi mempertahankan tahta kejayaan Yamaha dalam leading penjualan motor sport entry-level, yang harus beradu dengan Honda New Megapro dan kini CB150R Streetfire.
Sedangkan untuk segmen menengah ini sebenarnya wujud respon Yamaha dalam menyusul langkah Honda yang lebih dulu mengaspalkan CBR150R, maka dipersiapkanlah 'R15' atau 'V-Ixion fairing' dengan kubikasi mesin 150cc DOHC.
Honda CBR150R 2013 Indonesia
Jika berkaca pada harga yang dipatok Honda untuk CBR150R-nya yang bertengger di harga Rp 36,5 juta untuk tipe standart (website Honda Indonesia). Maka bukan tidak mungkin Yamaha juga akan mempersiapkan harga yang tidak jauh dari kompetitornya ini.
Berapa tepatnya? Sayangnya untuk hal itu belum ada desas-desus baik dari pihak Yamaha atau pihak terdekatnya. Namun ada beberapa keuntungan yang diperoleh pihak Yamaha dari positioning harga ini.
Apa? Yamaha Indonesia 'bersikeras' menawarkan diri untuk menjadi salah satu pusat produksi beberapa line-up motor sport untuk pasar ASEAN bahkan global, termasuk proyek motor sport 250cc berfairing yang tentunya juga akan menjadi basis produksi 'R15' ini.
Yamaha YZF-R125 basic project 250cc
Artinya, dengan basis produksi di dalam negeri tentunya Yamaha bisa memotong biaya faktor lain yang menyebabkan harga 'R15' akan bisa jauh ditekan. Beberapa kalangan pemerhati Yamaha bahkan ada yang menyebutkan bahwa nantinya 'R15' ini akan mampu 'ditekan' pada banderol Rp 30 juta. Sedang untuk di India sendiri, YZF-R15 dilego pada RS 1,1 lakhs yang setara Rp 19,5 juta.
Seberapa besar kemungkinan harga Rp 30 juta itu akan menjadi kenyataan? Ada baiknya kita sabar dulu untuk menunggu 'tanda-tanda' dari Yamaha Indonesia.
New Yamaha V-Ixion Fairing Concept(kpl/abe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar