Minggu, 02 Juni 2013

Membuat Dial Jet Sendiri yang Adjustable


Dial Jet bekerja pada putaran tinggi seiring bukaan botol skep. Ketika skep terangkat, bahan bakar akan ter-isap kevakuman moncong karbu, kalau di putaran bawah, power jet belum berfungsi. Tugas dial jet adalah membantu suplai bahan bakar saat RPM tinggi.
Sebenarnya teknik membuat dial jet sudah pernah di ulas sebelumnya oleh tabloid otomotif. Buat yang sayang banget sama karbu ini ada sedikit tips pengembangan membuat dial jet tanpa perlu merusak karbu.
Langkah - langkah nya:
1. Siapkan Velocity stack
Sebagai contoh, velocity stack ini digunakan untuk karbu 28 (ditoko variasi banyak).
2. Selang karbu secukupnya
Ukuran jangan terlalu besar (pakai aja selang sisa yang nempel di karbu).
3. Pilot jet ukuran bebas
Kalau bisa jangan terlalu besar soalnya kalau terlalu besar akan mengurangi fungsi kerjanya. Sebagai contoh, saya menggunakan pilot jet 38 milik karbu Mikuni FU karena pilot jet Mikuni memiliki drat dibawah & memiliki diameter lebih kecil dibandingkan pilot jet karbu keluaran Keihin.
4. Melubangi velocity stack.
Lubangi bagian atas belakang dengan mata bor ± 3mm & di senai (tap drat), lalu pasang pilot jet tadi pada lubang yang sudah ada dratnya di velocity stack. Pasang velocity stack pada karbu dan hubungkan salah satu ujung selang ke pilot jet dan yang ujung satu lagi dihubungkan ke pipa pembungan bensin yang berada di bawah mangkok karbu. Langkah terakhir buka sekrup pembuangan sampai bensin keluar (buka secukupnya & jgn sampai lepas).
This is it, PE 28 with Dial Jet Adjustable
Adjustable disini dapat diarti-kan bahwa dial jet dapat di aktif / non-aktif sesuai kehendak dengan membuka / menutup baut kuras di mangkuk atau besar / kecil nya pilot jet yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar