Racing Part spesial dari Takegawa Jepang
Setelah
ngalor ngidul di dunia maya, sekaligus nyari-nyari tentang
perkembambangan teknologi racing part terbaru. Ane ngak sengaja
menemukan beberapa racing part spesial dari Takegawa. Yup.. Takegawa
adalah produsen racing part asal jepang yang konsen membuat racing part
untuk motor-motor kecil seperti minimoto. Beberapa basis mesinnya mirip
dengan bebek yang beredar di Indonesia, seperti Honda Mongkey dan Honda
Super cup yang make mesin C-100 sama seperti generasi mesin supra-x
lama. Atau KLX110 dan KSR 110 yang blum lama ini di launching Kawasaki
Indonesia, basis mesinnya mirip dengan bebek Kawasaki kaze, blitz hingga
edge 110. Nah kenapa racing part spesial karena bisa dibilang ngak
pasaran, kalau selama ini part-part pendongkrak tenaga hanya kit
bore-up, produsen Takegawa membuat yang spesial lagi. Tentu semakin
advance teknologi semakin mahal pula harga. Nah berikut beberapa part
special yang ane temukan
1. Takegawa +R Superhead 4 Valve Bore Up Kits
Nah
yang satu ini paket bore up untuk Kawasaki KLX 110 dan KSR 110 dimana
basis mesinnya mirip dengan Kawasaki kaze, blitz hingga edge 110. Kit
bore up ini mulai dari 125cc, 138 cc hingga 178 cc. Sementara kepala
silindernya masih SOHC tapi sudah menerapkan 4 klep, 2 klep hisap dan 2
klep buang. Mekanisme mirip dengan Yamaha Jupier MX atau Vixion dimana
pelatuknya bercabang untuk menonjok 2 klep.Dipadukan dengan part lainnya
ternyata tenaga yang dihasilkan bisa berkali-kali lipat, silahkan lihat
grafik di bawah ini.
Juga
ada pake bore-up untuk Honda Monkey dan Supercup yang basis mesinnya
mirip Honda Supra-X 100 cc lama. Kalau untuk Honda ini pake bore up
hanya bisa sampai 124cc dan 138 cc. Itu karena jarak antara ke-empat
baut silinder yang memang terbatas. Paker part ini sifatnya plug n play
tinggal pasang aja dan setting hingga ketemu yang paling optimum.
2. Takegawa DOHC Bore-Up Kit
Kalau
yang inu sudah menganut sistem DOHC, dimana menggunakan dua camshaft
yang menonjok 2 klep. Mekanismenya berbeda dengan sistem DOHC
konvensional seperti punya Satria F-150 atau Honda CBR 150 dimana rantai
kamrat mengerakkan 2 gir di kop silinder. Kalau paket ini gir di kop
silinder masih satu, tetapi ada mekanisme gearbox untuk menggerakkan 2
camshaft tadi.
3. Takegawa Desmo 4V Bore-Up Kit
Nah
kalau yang ini paling spesial. Selain sudah 4 klep, DOHC juga mekanisme
menggunakan sistem Desmo sepeti di Motor Ducati. Sistem ini akan
mencegah klep buang maupun hisap bertabrakan di putaran tinggi.
Mekanismenya klep akan tebuka setelah di tonjok bubungan camshaft yang
terhubung pelatuk klep dan akan tertutup setelah ditarik oleh pelatuk
klep laiinya tetapi masih pada camshaft yang saja. Makanya camshaft agak
berbeda dengan camshaft DOHC konvensional seperti yang nomer2. Ribetnya
jelasiinnya
Mekanisme ini tidak membutuhkan per klep lagi, hanya per untuk
membalikkan pelatuk ke posisi awalnya. Jadi beban mesin lebih ringan,
otomatis putaran mesinpun lebih tinggi dan power lebih besar…. begitulah
kira-kira
4. Sistem Transmisi
Sistem trasmisi merupakan elemen penting
bagi mesin yang telah memiliki tenaga besar. Sistem trasmisi yang baik
akan meminilisir tenaga yang terbuang dari mesin untuk disalurkan ke
roda belakang. Bebera part dari Takegawa mulai dari mengubah kompling
dari otomatis menjadi manual. Kalau ini udah banyak dimodifikasi oleh
tuner lokal untuk bebek balap.
Yang
lebih advance yaitu merubah sistem tariknya, kalau yang konvensional
masih menggnakan kabel kopling, kalau ini buatan Takegawa sudah yang
menggunakan sistem hidrolik, sistem ini menggunakan oli seperti rem
hidrolik. Sistem ini akan memperingan tuas kopling, apalagi bagi yang
biasa melewati daerah macet atau menggunakan per racing yang keras tentu
sangat membantu.
Yang
paling advance tentu sistem kopling diatas. Selain menggunakan sistem
kopling hidrolik juga sudah menggunakan kopling kering (dry Clucth)
seperti yang terpasang di motogp atau moge. Sistem ini mempunyai
keunggulan anti slip dan lebih cepat adem karena langsung kena angin,
tetapi kelemahannya yaitu berisik karena tidak terendam oli.
Semua sitem kopling diatas masih bisa
dipadukan dengan per kopling racing yang lebih keras, kampas kopling
racing yang anti slip plus close ratio untuk memberikan hasil lebih
maksimal lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar