Minggu, 02 Juni 2013

Bagian-bagian Karburator


Bagian-bagian karburator punya kegunaan atau fungsi tersendiri.Bagian bagian ini pun saling berhubungan dan tak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.seperti tubuh kita mulut tak bisa bergerak tanpa rongga ,rongga tak berguna tanpa gigi,gigi tak berfungsi tanpa lidah.

jadi dalam part-part ini saling terkait dan saling membutuhkan.banyak yang acuh dalam salah satu part karburator dan tahu maksut atau fungsi part itu pada karburator.kesalahan sedikit kadang membuat motor tak enak.karburator bisa diibaratkan dengan mulut.jadi ketika mulut kita sariawan maka susah untuk memakan sesuatu juga kan.Karburator pun juga sama jika ada eror sedikit pun maka akan mbrebet dan efeknya juga kedalam mesin kan .


1.Pelampung
tugas dari pelampung ini adalah menjaga ketinggian bensin dalam mangkok karburator.jika jumlah bahan bakar melebihi batas efeknya campuran akn menjadi gemuk dan pemakaian bahan bakar akan lebih boros.dalam keadaan ini sebenarnya dapat diatasi dengan menyetel ketinggian pelampung ingin tampungan yang gemuk atau kurus.

2.Jarum Skep
jarum set disini bekerjasama dengan needle jet yaitu mengatur semburan gas yang masuk kedalam ruang bakar.jika part ini aus maka campuran udara dan bahan bakar tidak ideal.needle jet terletak dibawah jarum skep atau bisa dikatakan lubang yang dimasuki jarum skep.untuk mengeluarkanya kadang harus dipukul.
3.Jarum pelampung.
part ini berhubungan langsung dengan pelampung karena letaknya yang beragandengan dengan pelampung.fungsi dari jarum pelampung ini untuk menutup saluran bensin di mangkok karburator ketika pelampung sudah bergerak naek dan membuat jarum pelampung menutup saluran masuk bahan bakar.biasanya bahan ini di ujungnya berupa lapisan karet dan ada juga yang besi.jika ujung jarum pelampung aus ataupun juga saluran nya bisa dipastikan akan mangkok bensin banjir.
4.Pilot jet
part yang berfungsi mengalirkan campuran bahan bakar dengan udara diputaran mesin rendah sampai menengah.part yang paling penting setelah main jet.




5.Main jet
part yang menempel di holder main jet yang letaknya didalam karburator dan di bawah jarum skep.berfungsi mengalirkan campuran bahan bakar dan udara dari putaran mesin menengah sampai putaran atas.








6.Sistem choke
alat untuk memperbanyak campuran bensin keruangbakar
ditujukan supaya mesin mudah hidup saat keadaan mesin dingin .part ini menempel di karburator.danada juga yang berupa tarikan kabel dari hand grip kiri.





Arah Karburator Yang Benar

Para reader yang motornya sudah sering dioprek karburator nya harusnya sudah mengerti tentang arah karburator yang abaik dan benar bagus untuk kita sendiri dan juga bagus untuk kesehatan sepeda motor.

Arah moncong karburator sering menetukan kinerja motor yang bagus,tapi untuk motor standart yang menggunakan filter udara tidak terlalu dianjurkan,banyak karburator yang mengarah kedepan keamping,serong hingga kebelakang.

Mari kita tengok seberapa besar arah karburator menentukan kinerja mesin.

a.Arah moncong kedepan
banyak kemungkinan yang terjadi ketika karburator tanpa filter udara dan karburator pun bertarung melawan debu dan partikel haram yang sebenarnya untuk masuk kedalam karburator.dan membuat setting spuyer juga kacau jika tersumbat.apalagi jika mendapat embusan angin yang lumayan gede.dan berakibat campuran menjadi kurus karena udara lebih banyak masuk kedalam ruang pembakaran.untuk drag pun atau balapan liar jarang para tuner memasang karburator yang mengarah kedepan.jadi kesimpulanya untuk modif ganti karburator yang rencana ingin kamu arahkan kedepan sebaiknya dibatalkan karena tak baik untuk kita dan juga kesehatan sepeda motor.


b.Arah moncong serong atau kebelakang
inilah yang paling tepat,pelintir manifold kesamping atau serong kebelakang.ini berpengaruh positif untuk kesehatan sepeda motor dan kinerja mesin yang maksimal.Karena udara murni bisa masuk tanpa banyak debu dan partikel haram.dan setting karburator menjadi mudah jika ingin setting kering atau basah.keuntungan lain yaitu jika arah moncong kesamping atau kebelakang maka penggunaan manifold pun lebih pendek dan masuknya udara pun lebih cepat dan singkat.

maka jangan ragu lagi pindah arah karburator mu .

Apa itu Karburator?

Karburator adalah alat untuk mencampur udara dan bahan bakar ,dan menghasilkan campuran udara dan bahan bakar yang ideal ,agar mendapatkan pembakaran yang sempurna.campuran bahan bakar yang ideal adalah 1:13 jadi stiap 1 bensin 13 udara .tapi beda lagi untuk perbandingan campuran untuk mesin balap.


Karburator mempunyai beberapa tipe.
1.Venturi tetap.venturi dengan pedala gaas yang mengatur katup udara dengan menentukan besarnya aliran yang masuk yang melewati venturi sehingga menentukan besarnya tekanan yang menarik bahan bakar.jika di motor sering disebut karbu vakum.Karburator ini unggul dalam msalah konsumsi bahan bakar dan karburator ini banyak diaplikasi oleh motor baru-baru ini.karena banyaknyacmpuran bb yang masuk kedalam ruang silinder diaturolehkevakumanatau tekanandariruang bakar itu sendiri.Tapi disisi lain adapun kelemahan dari karburator ini yaitu kurang responsible diputaran bawah.karena jika grip gas di putar langsung setengah keatas.motor tetap berjalan tapi kurang spontan karena harus menunggu kevacuman dalam ruang bakar naik.




2.Venturi Bergerak venturi dengan kinerja nya bergerak sesuai tarikan pedal gas untuk mengatur banyak sedikitnya ampuran udara dan bb masuk.atau bisa dinamakan karburator konvensional.Untuk tipe karburator konvensional ini,lebih responsible karena jumlah bb yang masuk kedalam ruang bakar tergantung seberapa banyak kita pelintir tali gasnya.dan mudah untuk dikorek atau dimodifikasi

Hubungan Antara Panjang Intake Manifold dengan Torsi

pendek → panjang
Biasanya mekanik balap membuat intake sependek-pendek nya untuk mengejar laju gas dan bahan bakar menuju ke ruang bakar semakin cepat. Sebenarnya itu merupakan cara untuk mendapatkan torsi yang lebih besar di RPM tinggi, bukan untuk mengejar akselerasi spontan.
Tergantung pada kebutuhan juga intake mana yang akan kita pilih. Jika ingin irit dan hanya stop n go karena sering macet, pilih saja intake manifold panjang. Intake panjang memberi torsi di putaran bawah hingga menengah. Jika ingin kebut-kebutan atau bermodel drag, atau juga mau touring jarak jauh, pilih saja intake manifold pendek. Intake pendek memberi torsi lebih besar dibanding intake panjang, namun muncul ketika putaran atas.
Berikut grafik hubungan antara panjang intake dengan torsi yang telah diteliti sebelumnya.
grafik pembanding saja

Karburator pincang bikin panas dingin

setting PJ dan MjIstilah karburator mbrebet sering kita artikan karburator kita bermasalah tapi disisi lain pada kalangan anak muda sekarang banyak dijumpai karburator yang setttingan nya mbrebet atau dalam istilahnya memang sengaja dibuat mbrebet banyak yang mengistilahkan karburator yang pincang atau mbrebet jadi acuan bahwa motornya itu sudah oprekan atau garapan.

 Tapi disisi lain ini mari kita telusuri apa saja efek yang terjadi ketika kita salah setting main jet dan pilot jet dalam karburator.Setting karburator yang pas dapat kita jadikan acuan ketika motor bisa teriak sampai RPM maksimal dan bisa langsam pada RPM rendah.Jadi motor juga pun tak bermasalah pada RPM rendah maupun tinggi.

Sekarang banyak opini yang mengatakan bahwa karburator dengan campuran bahan bakar yang gemuk dapat meningkatkan performa kuda besi.memang benar kesimpulan dari opini diatas adalah kerja mesin akan sangat bagus ketika karburator dapat memasok bahan bakar kedalam ruang silinder sebanyak-banyaknya.disini arti sebanyak-banyaknya bukan berarti kebanyakan lo.

Memasukkan bahan bakar sebanyak banyak nya dalam ruang silinder disini berarti ruang silindder memadatkan campuran bahan bakar dan api busi mampu membakar campuran bahan bakar yang telah dipadatkan oleh ruang silinder tanpa terlalu menimbulkan kerak dan gas buang yang tidak diperlukan oleh lingkungan.

Jadi ketika kita membuat settingan pincang di karburator kita hal yang haus kamu pikirkan kembali adalah keawetan spare part sepeda motor  mu,seperti piston,ring piston,laker kruk as(cranksaft bearing),connecting rod(stang piston),klep dll.

Mengapa saya katakan setting main jet dan pilot jet salah bias berpengaruh terhadap keawetan mesin ?jika pengabutan terlalu gemuk dan terkesan mbrebet maka putaran mesin pun akan tersendat-sendat dan benda yang bergerak utama seperti piston pun akan bekerja lebih berat karena dipaksakan bekerja memadatkan campuran bahan bakar yang tidak sesuai dengan kapasitas silinder.

Jadi jika kamu suka dengan memainkan sepeda motor maka kamu setidaknya punya lebih dari satu motor,karena sebagus apapun part racing yang kamu pasang ke sepeda motor mu jika kamu membuat settingan pncang maka mesin pu  juga akan sering rusak dan minta diservis.

Pilot dan Main Jet yang bisa ditukar

Kamu yang suka bereksperimen dengan part pengabut ini harus tahu mengkanibal jeroan karburator ini

1.Main jet
-Yamaha jupiter z,Vega,Vega ZR,Nouvo
-Suzuki Shogun,Smash,Shogun 125,Arashi
-Honda Supra ,Grand,Karisma,win,Kaze,Legenda,Supra fit
-Yamaha RX King,RX S,RX Z,
-Honda Tiger,Kawasaki Ninja,Honda NSR SP,GL-PRO,Mega Pro,
-Jupiter Mx,Suzuki Satria F150,Suzuki Thunder 125

2.Pilot Jet
-Yamaha Jupiter Z,Mx,Vega
-Suzuki shogun 110,Smash,Shogun 125,
-Suzuki Satria F150,Yamaha Scorpio,Suzuki satria 120R,Thunder 125
-Yamaha Fiz-R,RX-z,Suzuki RGR
-Honda Supra,Grand,Legenda,Karisma,Win,Kawasaki Kaze
-Honda tiger,GL-pro,NSR-SP,Kawasaki NInja

Jadi sebeleum mengkanibal jeroan karburator dilihat dulu lubang dan drat luar PJ,MJ nya

Reamer Karburator Jupiter-Z Kode VM17SH dengan Skep GL-100

Ketika karbu Jupiter-Z direamer dengan skep GL100 (diameter 19.9mm), hati-hati lah saat mengunci / mengeraskan baut tutup skep karena rawan silinder skep melintir. Karbu ini dapat di reamer dengan lebar venturi sebesar 18mm (max) dan tinggi venturi mencapai 23.5mm (bisa di tambah lebih extreme tetapi tidak menggunakan pack karet). Untuk reamer karbu ini diperlukan ketelitian dengan sangat karena rawan pecah tetapi tetap aman untuk harian.
bagian yang rawan melintir saat mengeraskan baut pengunci

Untuk langkah-langkah nya sama seperti reamer karbu Jupiter maupun yang lainnya, hanya saja perbedaannya adalah hasil venturi nya. Berikut bagian yang dapat di reamer dari karbu ini.
comparison / perbandingan nya
intake manifold di reamer juga
reamer belakang di buat lingkaran
tetapi tidak sampai tengah venturi
bagian depan dapat dihaluskan
reamer ke atas extreme
Moncong di potong dan di reamer