Kamis, 28 Maret 2013

BORE UP YAMAHA BYSON 225CC TENAGA NAIK 130%


image
image
Alhamdulillah,
Mr M tiba dari jombang membawa bysonnya yg sudah bore up piston tiger ke garasi RAT! Kurang puas terhadap performa yg sekarang beliau minta tolong untuk meningkatkan performa mesinnya namun paket hemat. Jadinya saat ini kudu cukup puas dengan performa 23dk di meja dyno, kalau belum bersyukur ya kebngetan karena standarnya cuma 10dk hihihi…
Kenapa harus buat cc jadi 225cc, toh pakai piston tiger 185cc pasti masih bisa dikejar 27dk. Jawabnya simple, supaya tidak mengandalkan kompresi tinggi untuk menghasilkan tenaga. Semoga dengan kompresi rendah mesin bisa awet dipakai keliling indonesia! Hehehe…
Karbu juga masih pakai venturi 28mm, sementara kata graham bell harus pakai karbu 35mm. Tapi graham bell kan gak ngerti kalo harga pertamax makin mahal, jadi ya tetap pakai ilmunya swega RAT aja lah murah meriah kenceng = MURMERCENG! Hehehe… knalpot custom spec lama bawaan modif sebelumnya yang pipanya kekecilan melepas gas sisa ledakan piston 70mm yang baru ditanam. Yaaa kaya orang sembelit, bab tidak lancar wkkwkwk
Meski katup sudah dibesarkan, memakai 34/29, dan kompresi di patok hanya 11,5 :1, namun cam ex tetap meminta membuka 2 mata setelah Tma supaya putaran rpm bawah lebih ringan. Dan inclose yang ditutup 4 mata sebelum tma. Hehehe rumusan mata gigi ini ada di modul cara mudah papas cam…
Bisa dilihat pada grafik hasil dyno, nilai akselerasi rpm sangat cepat. Yakin bila karbu diganti lebih besar, knalpot lebih besar, insyaAllah tenaga bisa naik signifikan. Namun apapun hasilnya, riset harus terus berjalan…
image
TETAP SEHAT TETAP SEMANGAT BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TIAP HARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar