Alternatif Pemasangan Stut Kopling Untuk Bebek
Banyak pengguna bebek mengganti sistem transfer tenaga atau kopling
sistem otomatis ke manual. Alasannya karena ingin akselerasi lebih
responsif atau itu dilakukan buat bebek-bebek sudah agak berumur. Sebab
biasanya otomatis kopling nya sudah ngambek minta diganti baru.
Kalau otomatis kopling sudah aus, untuk mengganti diperlukan dana
sekitar Rp 250-300 ribu. Kalau di-bikin kopling manual memang tidak beda
jauh biayanya, tapi kan masalah otomatis kopling di atas, bisa
dilupakan. Sebab memang akan dilas mati.
Sayangnya, hal itu juga punya konsekuensi sendiri, yakni dipstick
perlu di-modifikasi atau dipotong biar tetap bisa dipakai. Padahal
dipstik diciptakan pabrikan untuk memudahkan dalam hal mengecek volume
dan kekentalan oli. Jadi masalah dong, kalau mengaplikasi kopling manual
terus batang pengukur itu mentok dan kudu di-modifikasi (dipotong),
jadi enggak bisa ngecek oli dengan benar.
dipstick |
Tapi tenang, Anda tak perlu memotong dipstick. Ada cara gampang
untuk mengakali nya Intinya sih, penghalang dipstik harus dibasmi. Mau
tau caranya?
Gunakan bor tangan dengan mata bor baja ukuran 12 mm, yang dibor rumah
dudukan stut kopling. Tapi enggak usah khawatir, materialnya empuk kok,
karena biasanya dibuat dari bahan aluminium,” ungkap mekanik ramah
kelahiran Jakarta ini.
dudukan stut kopling |
Masih belum jelas? Baiklah akan dipraktikkan di Suzuki Smash yang bak koplingnya sudah mengaplikasi cara ini.
las titik otomatis kopling Suzuki Smash |
Untuk membuka bak kopling yang masih terpasang bisa gunakan kunci T-8,
tapi jangan lupa untuk membuka knalpot dan footstep biar pengerjaan
mudah. Tapi ingat, lihat dulu konstruksi rumah stut kopling, kalau
terlalu mepet dengan las-lasan babetnya, penggunaan mata bor dapat
disusutkan jadi ukuran 10 mm. Pokoknya jangan ganggu las-las an.
Khawatirnya malah mempengaruhi kekuatan pegangannya.
bagian yang mempengaruhi kekuatan pegangan |
Bisa ngecek oli lagi, deh!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar