Ciri Intake Manifold atau Leher Angsa yang Bagus
intake manifold variasi |
Ciri intake manifold yang bagus ialah sebagai berikut:
1. Dinding bagian dalam halus
Agar CFM maksimal, intake manifold haruslah dibuat halus (jika perlu di
chrome). Seperti merek KOSO ataupun KTC, dll., kualitas barangnya memang
sudah baik dari segi bahan maupun performa. Untuk mengakali intake
standar, kita harus memaksimalkan intake dengan cara modifikasi. Gunakan
ampelas halus untuk menghilangkan kulit jeruknya dan
ubah tekukan intake dengan lem besi.
2. Arah intake tidak membuat karburator menabrak
Biasanya, intake manifold KW-Series hanya memendekkan intake manifoldnya
dan mengubah arah-nya kurang lebih 90º sehingga akan membentur body.
Saat ini sudah ada pilihan rotary intake seperti gambar paling atas yang
sudut putarnya bebas kita tentukan.
3. Dapat dipasang adapter seperti rubber manifold
Pasti bingung ketika intake standar punya 2 lubang baut akan dipasang
karburator tipe lingkaran (ex: Keihin PE, PWK, PWM, Mikuni TM series).
Intake yang baik dapat dengan mudah dipasang kan adapter sebagai media
penyambung karbu dengan intake nya.
4. Punya lubang venturi yang sama dengan karburatornya
Ketika lubang intake lebih kecil dari venturi karburatornya, akan banyak
terjadi tabrakan molekul udara. Jangan kaget ketika bensin mendadak
boros dan ada embun air di sekitar body karburator. Lebih baik jika
lubang intake sama dengan karbu atau aman jika lebih besar ketimbang
lebih kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar