Minggu, 02 Juni 2013

Fungsi Cutaway Karburator

Throttle slide valve seperti yang ada di Mikuni TM atau Sudco 24 dan 28. Pilihan ukuran skep harus mengikuti tipe karburator yang dipakai. Ukurannya 3,0, 3,5, dan 4,0. Sudco 24 ada pilihan skep 2,5 dan 3,5.
Angka pada skep di atas bukan kode buntut. Ukuran skep itu menunjukkan cutaway. Cutaway merupakan derajat kemiringan atau coakan bagian bawah skep. Semakin besar angkanya, derajat kemiringannya semakin tinggi. Fungsi skep dan cutaway yang berbeda pengaruh pada suplai campuran bahan bakar-udara. Semburan pengabutannya semakin besar kalau angka derajat cutawaynya semakin tinggi.
Skep sendiri berfungsi waktu putaran menengah. Tepatnya saat jarum skep mau keluar setengah sampai keluar dari nozel. Gasingan menengah merupakan kunci untuk menentukan ukuran cutaway. Paling terasa sewaktu keluar tikungan. Akselerasi akan terasa kurang pas di putaran bawah-menengah, harus ganti cutaway. 
Seandainya gasingan bawah-menengah terasa kering semburan pengabutan bensin dan udara, angka cutaway yang rendah mesti digunakan. Sebaliknya kalau kelewat basah, nomor cutaway yang tinggi bisa diaplikasi. 
Pasti angka pilot-jetnya jadi kecil. Minimal turun satu step. Sudah ganti cutaway enggak perlu ganti jarum. Pakai saja jarum skep bawaan karbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar